Senin, 07 November 2016

SEBUAH MAKNA DALAM KENANGAN

Kadang-kadang aku selalu berharap, andaikan waktu dapat di putar kembali atau andaikan saja aku masih berada di tempat itu .. Bersama orang-orang itu... Seperti dulu... dsb dsb yang intinya adalah membicarakan tentang sebuah kenangan (kenangan suka duka dan kebersamaan) dan mencoba untuk "menghadirkan kenangan itu di masa kini" Sampai aku lelah karena tdk menemukan maknanya , makna kenapa aku selalu memikirkan tentang hal itu.sepertinya yang menurutku buang-buang waktu.

Hingga suatu hari ...

Aku pergi ke Magelang (setelah sekitar 4 tahun aku tdk ke kota itu seusai wisudaku) dgn harapan aku menemukan kembali " sebuah kebahagiaan" karena akan berhadapan dgn kenanganku... Namun....aku tidak menemukannya lagi,keadaan yg berbeda,perasaan yg berbeda,waktu yg berbeda,orang2 yang berbeda...semuanya berbeda yang justru membuat aku bertambah hampa...
Aku berkata dlm hati,inikah yg selalu ku rindu ? Inikah yg selalu kuharap dan mengganggu fikiranku selama ini ? Mengapa begini ?


* * * * *


Selama ini aku ingin kembali merasakan desau angin lembut menerpa wajahku ketika aku membuka jendela di pagi hari,mengamati gerak gerik daun2 belimbing yg jatuh bersama gerimis hujan sambil mendengarkan suara erdin penyiar termanis di radio polaris fm,menulis sebuah puisi tentang kisah seharian bersama teman2 kost,makan mie kopyok dan gorengan,antri beli soto di pagi buta saat bulan puasa,berebut mengangkat telfon,belajar nge las kemiri dan lada,jalan2 disepanjang shopping,panen belimbing dengan naik ke atap sambil ngintip anak2 kost di rumah tingkat sebelah,menimba air ketika pdam macet ho ho.. Rinduku yg tiada berujung dgn teman2 kost si geulis yg periang dan doyan ngemil,si lusi yg sering sakit gigi,si keke putri pak camat nan ayu,kutu buku,si pemain bas,dan kalau bikin mie instan cuma separo dan alergi minum air putih di pagi hari he he (special to : nucke widowati kusumo projo),mbak elly yg kental dgn logat wonosobonya,mbak rahayu,penghuni baru arridha,dina,eny,nita,yayuk,mitha,april juga ibu kost yg setiap hari penuh dgn kejutan2 ho ho ho tapi... 

Semua itu tdk lagi kutemukan di sana,maknanya tidak sama...aku mulai membuka dan masuk dari pintu kamar satu ke kamar lain yg ada hnya tumpukan kasur2 usang dan lemari yg berdebu dan agak sdkit berantakan,pohon belimbing itupun telah ditebang,semuanya telah berubah .. Sepi.. Sunyi.. Yang memanjang tak berskala ...
Lalu... Akupun menyadari,bahwa kenangan akan tetap menjadi kenangan dan itu hanya ada di masa lalu,karena itulah maka ia tidak bisa dipaksa untuk di hadirkan lagi ke masa kini..semuanya tiada akan pernah sama,secara rasa,secara makna.sebab waktu mampu mengubah banyak hal.

Kemudian ... Aku beranjak pergi meninggalkan semua itu tanpa pernah lagi terkungkung dalam makna rindu akan kenanganku namun akan selalu tersimpan rapi di hati,tak akan hilang tak pernah mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar